Selasa, 16 Desember 2008

awal dari akhir


akhirnya praktek kerja profesiku selesai juga... menyisakan laporan2 yg kejar tayang dan harus ditandatangi oleh pihak yg berwenang secepatnya. suangat buanyak pelajaran yg bisa diambil hikmahnya dari pkp yg aku jalani selama kurang lebih satu semester ini... diantaranya, yg paling memberi makna adalah berani menghadapi segala yg baru dan percaya diri. ketika aku masuk rsj (mulai praktek pertama kali...), yg terbayang adalah aku harus menghadapi orang yg "gila?!?", ntar kalo aku dikejar2 sama pasien gimana? dah gitu pasiennya telanjang ga pake baju kayak yg jalan2 dijalanan itu, gimana? huaahahahha, parno sendiri... padahal, pas udah disana, justru pasien2 itu adalah penghiburku. paling seneng kalo udah nemu pasien yg lagi mood buat diajakin ngobrol, lucu, nggak nyambung, aneh, dan sebagai-sebagainya. blm lagi kalo ngobrol ama perawat2nya yg ganteng, bikin seneng banget tuh, hehehehe... ^0^Y ya gitulah... banyak hal2 yg ga bakal aku pelajari en ga aku dapet dari bangku kuliah. terutama skill yg sebener2nya dalam menghadapi pasien2 itu. gitu juga waktu masuk lagi ke puskesmas, hari pertama langsung dikasih klien rujukan dari dokter sama supervisorku. oh my God.. sama sekali ga ada gambaran juga... ga tau musti nanya apa, ngomong apa, duduknya gimana, empatinya gimana, trus kalo klien nanya "apa yang harus saya lakukan?" ato "saya harus gimana mbak?", aku harus jawab apa....! Gosh, no idea... tapi ternyata, waktu menghadapi klien pertamaku itu, dengan sedikit gemetar, dan suara yang deg-degan, aku bisa juga tau masalahnya apa dan sedikit memberi support karena memang sedikit depresi setelah ibu mertuanya meninggal. alhamdulillah... insyaalloh ibunya ga tambah depresi abis ketemu aku. amin... ;P ya gitu... semua memang harus dihadapi. dengan keberanian (apapun resiko yang akan dihadapi) dan kepercayaan diri akan kemampuan yg kita miliki, juga keyakinan bahwa kita mampu, insyalloh semua akan berjalan baik2 saja... mungkin plus bonus, pengalaman yg tidak akan pernah kita alami lagi dan yg pasti tidak akan terjadi pada orang lain juga...
ya, itu semua udah berlalu. dan sekarang The show must go on (kata Hanung Bramantyo), hidupku berlanjut pada episode lainnya...
tesis menunggu, saudara-saudara...
awal dari akhir...
beginning of the end... (bener ga siy susunan katanya? ^o- )
doakan aku ya....
*tw

2 komentar:

psikologi olahraga mengatakan...

Hola Tiwi, Selamat ya udah kelar..
Kapan nih kita bisa mulai sedikit berbuat lagi untuk olahraga Indonesia?

Mantap bu Psikolog..tak tunggu ilmumu..

salam

Guntur Utomo

anggerykpn mengatakan...

bisa jadi ilmu yang berharga juga bagi orang lain bu....